Mengenai Asal Usul Zombie

Makhluk Bernama Zombie

Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah
Makeup Zombie
Zombie yang kita kenal sekarang ini adalah makhluk yang telah mati kemudian hidup kembali dan bergentayangan menghantui warga. Sungguh menyeramkan ketika banyak dari film - film holywood menayangkan adegan dimana zombie akan selalu memburu manusia yang ditemuinya. Bahkan zombie yang kita tahu dalam beberapa film harus dihancurkan dulu bagian otaknya sehingga zombie tersebut dapat mati. Apakah zombie memang tidak punya rasa sakit sehingga tidak berteriak ketika tangan atau kakinya dipotong? Dari pada bingung - bingung mendingan simak saja darimana dan bagaimana awalnya sehingga orang - orang mulai mempopulerkan jenis hantu western ini.

Awal Mula Mitos Zombie Ketika di Haiti

Praktisi supranatural (Dukun Voodoo[1]) di Karibia Pulau Haiti, mempraktekan mantra – matra yang konon mereka dapat menghidupkan orang yang hampir meninggal kemudian menjadikannya zombie. Tujuan mereka berbuat seperti itu karena mereka akan menjadikannya budak. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena mereka akan mempunyai pekerja tanpa upah.

Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah
Clarvius Narcisse di Surat Kabar


Pada tahun 1962, Seorang pria meninggal secara misterius. Dia bernama Clairvius Narcisse. Kenapa misterius? Karena dia kabarnya telah dikuburkan. Namun setelah itu banyak orang yang melihat dia berkeliaran. Orang menemukan bahwa dia sempat ditemukan dengan keadaan setengah mati atau sering kita sebut juga zombie. Ternyata dia menjadi budak di perkebunan tebu milik seorang Dukun. Kabarnya zombie Clairivius tersebut tengah luntang lantung semenjak majikannya meninggal yang kemudian akhirnya ditemukan oleh warga.

Kebenaran Tentang Zombie

Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah
Dr. Wade Davis
Seorang ahli etnobiologi, Dr. Wade Davis dari Universitas Hardvard mencoba meneliti kebenarannya. Dia pergi ke Haiti untuk mendapatkan data dari para dukun voodoo disana. Dr. Wade Davis mendapatkan informasi bahwa untuk menjadikan manusia menjadi zombie adalah membuat mereka ‘tidak mengingat apapun’ atau gila dengan melumpuhkan saraf mereka menggunakan ramuan khusus. Selain itu mereka pun menurunkan suhu tubuh dan memperlambat detak jantung si korban yang akan dijadikan zombie.

Bagaimana Zombie Diciptakan

Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah
Ikan Fugu
Ramuan tersebut terbuat dari kulit katak berjenis bufo dan ikan Fugo (sejenis ikan puffer). Mengandung racun yang akan membuat korban kehilangan rasa sakit (efek yang ditimbulkan lebih kuat dari kokain), menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah. Jika dosisnya terlalu banyak bukan tidak mungkin korban akan mengalami koma. Ditambah lagi dengan datura (sejenis rumput jimson) yang memiliki nama latin brugmansia candida. Mengandung senyawa kimia yang dapat menyebabkan korbannya hilang ingatan. Dosis yang terlalu banyak akan menyebabkan korban lumpuh bahkan meninggal.



Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah
Katak Bufo

Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah
Tanaman Jimson (brugmansia candida)


Kesimpulannya perlu orang yang benar – benar mengetahui tentang takaran dosis yang diperlukan agar ramuan tersebut dapat membuat orang menjadi zombie. Tentu saja dukun voodoo tersebut sangat ahli jika memang dia dapat memperkirakan takaran dosisnya.

Terimakasih telah membaca artikel Mengenai Asal Usul Zombie ini, semoga bermanfaat.

[1]Dukun Voodoo adalah orang yang mempunyai kekuatan sihir, konon salah satu kekuatannya dapat memunculkan wabah kolera.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar di Gehutubruk Times, Datang Lagi Ya!