Membuat Footnote atau Catatan Kaki Pada Postingan Blogger



Apakah anda pembaca sekalian sering bingung jika kita membuat suatu postingan yang mana didalamnya akan anda masukan referensi ataupun keterangan. Namun masalahnya disini, jika kita memasukan keterangan ataupun referensi kedalam paragraf penjelasan, paragraf tersebut akan terlihat tidak rapi.

Maka dari itu agar terlihat rapi, kita seharusnya menyisipkan footnote atau catatan kaki sebagai penjelasan dari kata/kalimat yang kita akan beri penjelasannya dibawah postingan. Seperti apakah footnote itu? Bagi pembaca sekalian yang belum mengetahui seperti apa itu footnote, Anda bisa mencoba mengklik link ini [1].

Jika anda sudah membaca paragraf ketiga ini, saya asumsikan Anda telah kenal dengan footnote tersebut. tidak perlu berlama - lama, langsung saja pada langkah - langkah pembuatan footnote itu seperti apa sih? ini langkahnya.

Pertama buat masuk dulu pada bagian html editor blogger. bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara masuk ke html editor bloger silahkan baca postingan ini dahulu.

Masukan code dibawah ini pada html editor sebelum kode ]]></bskin>. Anda bisa mencarinya dengan fitur search / Ctrl + F.

 /* Footnote CSS gehutubruk.blogspot.com */
    .footnote{
    border-top:1px dashed #333;
    padding:0 0 10px 0;
    margin:10px 0 0 0;
    font-size:smaller;
}


Save Template.

Pada postingan, sisipkan code dibawah ini sesudah kata yang akan diberi penjelasan.

<sup><a href="#2">[2]</a></sup>

Ini contohnya : CSS[2]

Kode di atas akan berubah menjadi [2] setelah kita sisipkan sesudah kata "CSS". Silahkan pahami ini bagi yang belum mengerti.

Sesudah itu jika dirasa cukup, tinggal kita tambahkan di akhir postingan kode berikut ini.

<div>
  <a name="1">[1]</a> Penjelasan [1] <br />
  <a name="2">[2]</a> Penjelasan [2] <br />
</div>

Hasil kode di atas akan seperti footer pada bagian postingan ini. Anda bisa melihatnya dibawah.

Jika kurang jelas silahkan tinggalkan komentar untuk bertanya. Saya akan jawab sebisa saya. Terimakasih telah membaca tutorial Membuat Footnote atau Catatan Kaki Pada Postingan Blogger. Semoga bermanfaat, sampai jumpa kembali.


[1] Ini yang saya maksud Footnote
[2] CSS (Cascading Style Sheet) merupakan bla.. bla.. bla...

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar di Gehutubruk Times, Datang Lagi Ya!