[Review] 3 Idiots (2009)


Berita, Sinopsis Film, Cerita, Teknologi and Sejarah

3 Idiots

Sutradara:
Rajkumar Hirani,
Penulis:
Rajkumar Hirani, (dialogue), Abhijit Joshi (dialogue),1 more credit
Bintang:
Aamir Khan, Kareena Kapoor, Madhavan | See full cast and crew

Ulasan :
Hari ini penulis di ajak temen buat nonton film 3 idiots yang notabene rada lumayan lama. tetapi dibilang lama juga sebenernya gak lama lama amat. Tahu film 3 idiots kan? Film 3 idiots ini berkisahkan tentang persahabatan 3 orang pemuda yang menimba ilmu di sebuah perguruan tinggi ternama. mereka dihadapkan pada sebuah realita kehidupan yang mana belakangan ini realita tersebut telah menjadi hal yang lumrah bahkan di indonesia ini sekalipun. Film 3 Idiots ini mengusung tema tentang para penggali ilmu / mahasiswa / pelajar dicocoki ilmu pengetahuan hanya berdasarkan teks book dan mereka tidak diberi bekal untuk mengasah kretifitas mereka sendiri, apa yang kita ingin lakukan sebenernya? ingin menjadi apa kita? Pekerja kah? Penulis kah? Insinyur kah? Penelitikah? Atau apa? 
Di universitas tempat mereka menimba ilmu mereka disodorkan sebuah sistem yang mana sistem tersebut saya masih ingat tersirat pada pidato Dr. Viru. Beliau adalah seorang rektor di universitas tempat mereka menimba ilmu. Dalam pidatonya dia mengatakan, “Burung Cuckoo tidak pernah membuat sarangnya sendiri, mereka menaruh telur di sarang burung lain. dan ketika anak mereka menetas apa yang mereka lakukan pertama kali? Mereka menendang telur burung lain dari sarang”. Kemudian dia mengambil sebuah sampel telur yang telah dibawanya kemudia dia jatuhkan hingga telur itu pecah. “Proookk…” teluh itu pecah. “Kompetisi berakhir”, dia melanjutkan pidatonya.
Dari kisah diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa Dr. Viru memberikan sistem kepada para mahasiswanya agar berkompetisi. Tidak ada yang salah dengan kompetisi. Namun di film 3 Idiots ini Dr. Viru terlalu berlebihan dalam hal kompetisi yang dia ajarkan. Dia terlalu mempress otak para mahasiswanya supaya mendapat nilai bagus. Sedangkan pemahaman Rancodas (pemeran utama film 3 Idiots ini) tidak sependapat dengan sistem yang dipakai Dr. Viru. dia melihat banyak mahasiswa yang frustasi sampai nekad bunuh diri seperti Jay Lobo teman sekampusnya.
Tidak hanya di kampus yang memang tempatnya menimba ilmu. Di Rumah pun kasusnya sama. Para orang tua malah menginginkan anaknya untuk menjadi apa yang orang tua inginkan. Bukan apa yang anaknya inginkan. Contoh paling menonjol dalam film 3 Idiots ini ada pada Farhan sahabat Rancodas yang memang dia sebenarnya ingin menjadi seorang fotografer profesional. Namun ayahnya melarang karena alasan fotografi hanya sebatas hobi dan tidak dapat merubah hidupnya. Tentu saja penulis pikir itu salah besar. Apa lagi di jaman sekarang ini banyak bermunculan fotografer – fotografer handal.
Di akhir cerita Dr. Viru sadar dengan tindakannya setelah anaknya meluapkan seluruh kekecewaan pada ayahnya tentang kematian kakaknya yang juga bunuh diri karena mengalami stress akibat tekanan dari ayahnya. Rancodas yang sebenarnya adalah Fungsuk Wangdu menjadi seorang ilmuan yang mempunyai 400 Hak Paten dan menjadi guru serta dia pun membangun sebuah tempat dekat pesisir pantai bagi anak – anak yang kurang mampu dan mengajar disana dengan dibantu “Milimeter”. Banyak pesan yang dapat kita ambil dari film 3 Idiots tersebut. Salah satunya yang penulis suka mungkin, “Jadilah orang besar maka kesuksesan akan datang menghampiri”.

Terimakasih telah membaca review 3 idiots, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar di Gehutubruk Times, Datang Lagi Ya!